Tokoh-tokoh yang Digadang-gadang Maju ke Pilpres 2024

Tokoh-tokoh yang Digadang-gadang Maju ke Pilpres 2024

Meski pemilihan Presiden 2024 masih jauh, namun berbagai pihak telah menyebutkan nama sejumlah tokoh yang diyakini akan maju untuk menjadi calon pemimpin negara Indonesia. Berdasarkan informasi dari direktur eksekutif parameter politik Indonesia, Adi Priyatno memperkirakan ada sebanyak tiga golongan yang akan menguasai pemilu. Adi memerinci tokoh-tokoh populer akan menjadi calon presiden berasal dari kasta yang berbeda.

Golongan pertama diprediksi datang dari pemimpin daerah petahana. Kecenderungan pemimpin daerah untuk dipilih cukup tinggi, sebut saja Anies baswedan, Tri Rismaharini, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil yang dianggap memiliki representasi sosok oposisi saat ini. Semenatara untuk kalangan kedua berasal dari golobgan menteri yang saat ini punya dukungan tinggi seperti Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani. Terakhir berasal dari beberapa petinggi partai yang digadang-gadang bakal maju pilpres 2024 yakni Puan Maharani dan Agus Harimurti Yudhoyono yang juga merupakan anak dari mantan presiden Indonesia sebelumnya. Kendati demikian, nama-nama tersebut masih bisa berubah karena penyelenggaraan pemilihan presiden sendiri masih beberapa tahun lagi. Tidak menutup kemungkinan akan muncul nama-nama baru yang didukung oleh masyarakat. Selain itu, seorang kandidat yang maju pilpres harus mendapatkan persetujuan paling sedikit 20 persen dari partai koalisi yang terbentuk nanti.

Adi juga menyampaikan bahwa partai-partai dalam pileg 2019 yang masuk empat besar di parlemen seperti Nasdem, Gerindra, Golkar dan PDIP dapat menentukan tiket pilpres 2024. Makanya dalam beberapa waktu belakangan nama Puan dan AHY kian mencuat sebagai calon kandidat terkuat yang akan maju di kontes pilpres mendatang. Meskipun demikian, beberapa pengamat politik juga berpendapat bahwa para calon tersebut butuh upaya dan langkah sedari dini untuk mendongkrak elektabilitasnya masing-masing.

Contohnya saja saat AHY melakukan kunjungan ke kediaman Megawati Soekarnoputri, mantan presiden kelima RI sekaligus ketua umum PDIP di hari raya idul fitri menjadi langkah awal yang baik untuk memperbaiki hubungan yang renggang antara PDIP dan demokrat.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga sempat digadang-gadang akan mencalonkan diri pada pilpres 2024, meskipun informasinya masih simpang siur. Berikut ini kami punya daftar 3 nama dan profil lengkap tokoh yang dideklarasikan sebagai Capres 2024 mendatang.

  1.     Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo lahir pada 28 Oktober 1968 yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Sebelumnya ia sempat menempati posisi sebagai DPR dari fraksi PDIP periode 2004-2009 dan 2009-2013. Ganjar juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Alumni Universitas Gadjah Mada 2014-2019. Sejak kecil sosok ini telah menunjukkan jiwa kepemimpinan. Ganjar mengaku memiliki hobi demonstrasi semasa kuliah. Setelah lulus dari fakultas hukum UGM, Ganjar Pranowo awalnya bekerja di lembaga konsultan HRD di salah satu perusahaan Jakarta dan sempat pindah ke beberapa perusahaan lain. Hingga akhirnya Ganjar memilih berkarir di politik lewat Partai PDIP yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri.

Tokoh-tokoh yang Digadang-gadang Maju ke Pilpres 2024

  1.     Puan Maharani

Puan Maharani, seorang politikus yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. Ia juga merupakan cucu dari presiden pertama Ir. Soekarno. Saat di sekolah dasar, Puan menjalani kehidupan yang relatif normal, begitu pula saat SMP dan SMA. Setelah lulus, ia masuk ke Universitas Indonesia untuk belajar komunikasi massa. Pada tanggal 14 Februari 2020, Universitas Diponegoro menganugerahkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Puan Maharani.

Karir politik puan sendiri dimulai sejak tahun 2008, saat itu ia menjabat sebagai ketua bidang pemberdayaan perempuan DPP PDIP. Ia pernah mencalonkan pemilu 2009 di dapil Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 2012 ia menggantikan Tjahjo Kumolo di komisi VI DPR.

  1.     Anies Baswedan

Sosok anies mulai dikenal masyarakat saat ia mencetuskan program Indonesia Mengajar. Saat ini ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta setelah memperoleh suara lebih banyak dari lawan. Sebelum menjadi Gubernur, Anies pernah diangkat menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia di dalam kabinet Presiden Joko Widodo meskipun tidak sampai akhir periode.

Saat duduk di perguruan tinggi negeri, Anies aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa. Sebelum berkarir di bidang politik, ia cukup banyak terlibat dengan bidang akademis. Salah satunya menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina. Setelah bertahun-tahun bergelut dalam gerakan sosial, Anies Baswedan terpanggil untuk memasuki dunia politik. Komitmen Anies Baswedan untuk ikut turun tangan dalam politik Indonesia ia lanjutkan dengan membantu pasangan capres-cawapres Jokowi-JK dalam pilpres 2014. Pada September 2016, nama Anies Baswedan diumumkan sebagai calon Gubernur DKI jakarta yang disandingkan dengan pengusaha sekaligus politikus Sandiaga Uno dari partai Gerindra.

Itulah tokoh-tokoh yang digadang-gadang maju ke pilpres 2024 nanti. Menurut Anda, siapakah yang akhirnya akan berhasil menarik suara masyarakat Indonesia?

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.