December 6, 2021
tabungan

7 Pilihan Jenis Tabungan yang Berlaku di Indonesia

Indonesia termasuk negara yang unggul dalam dunia perbankan, karena sektor perbankan benar-benar tumbuh dengan subur. Semuanya bisa Anda temukan dan dapatkan mulai dari bank konvensional, bank syariah, dan terdapat juga bank perkreditan rakyat (BPR) yang tentunya memberikan kemudahan bagi nasabah yang memerlukan jasa dan pelayanan. 

Dengan adanya pertumbuhan yang begitu signifikan ini memberikan banyak keuntungan yang didapatkan oleh masyarakat dan industri lainnya. Untuk masyarakat, bisa dengan mudah menabung uang yang dimiliki dan sektor industri yang mudah mendapatkan suntikan pinjaman dana. Nah, apa saja sih jenis-jenis tabungan yang ada itu? Mari kita ulas. 

Jenis Tabungan di Indonesia 

1. Tabungan Konvensional

Hal ini termasuk jenis tabungan yang paling umum dan banyak digunakan oleh masyarakat, karena hampir semua orang sudah mempunyai tabungan satu ini. Selain itu juga, jenis satu ini paling banyak diketahui dan dikenali oleh publik. Tidak heran banyak yang menggunakan dan memanfaatkan jenis tabungan tersebut. 

Ciri dari tabungan konvensional ini adalah para nasabah mempunyai keunggulan dalam mengontrol terkait tabungan yang dimiliki. Serta, tidak ada batasan terkait setoran dan pengambilan uang yang bisa kapanpun itu. 

2. Tabungan Berjangka

Apabila Anda ingin mempunyai tabungan dalam kurun waktu tertentu, jenis tabungan berjangka bisa Anda pilih. Di Indonesia sendiri hampir semua bank yang ada menawarkan tabungan yang satu ini, karena memberikan dampak yang baik untuk mendapatkan tabungan yang lebih aman dan sehat kedepannya. 

Tahapannya pun membuat Anda harus terbiasa menabung, karena sifatnya yang auto debet, jadi setelah waktu yang ditentukan untuk menabung sebagian dana Anda akan diambil. Konsep ini hampir sama dengan sistem tabungan deposito. 

3. Tabungan Haji 

Mungkin dari Anda sudah mempunyai tabungan haji dan tinggal menunggu waktu keberangkatan saja ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji atau umroh. Termasuk negara yang mempunyai penganut umat Islam terbesar di Indonesia tidak heran banyak perbankan menawarkan tabungan khusus untuk ibadah haji ke tanah suci. 

Keuntungan ketika Anda menabung khusus haji tersebut kuota yang ada lebih besar peluang yang akan didapatkan, sehingga membuat Anda tidak lagi mengkhawatirkannya. Prosesnya Anda tinggal langsung menentukan tabungan yang harus dicapai supaya bisa berangkat haji atau umroh itu. 

4. Tabungan Anak 

Mengajak anak Anda untuk menabung sedini mungkin akan memberikan dampak yang baik, terutama dalam mengajarkan pentingnya memiliki tabungan. Hal ini kedepannya akan berdampak baik pada kebiasaan atau perilaku anak Anda yang jauh lebih menghargai jerih payahnya dan lebih fokus menabung, sehingga terhindar dari pola hidup yang boros. 

Dengan hadirnya tabungan khusus anak yang ditawarkan oleh pihak perbankan membuat banyak keluarga benar-benar terbantu. Dengan demikian, antusias anak-anak dalam menabung akan lebih besar dan membentuk pikirannya yang selalu terdorong untuk mempunyai tabungan dan rutin melakukannya. 

Keuntungan mempunyai tabungan anak ini adalah banyaknya kemudahan dan keringanan yang diberikan pihak bank, mulai dari setoran rendah, setoran minimum kecil, dan biaya admin yang tidak akan memberatkan. Hal ini akan menjadi program yang menarik untuk mengajak anak Anda di rumah rajin menabung. 

5. Tabungan Bisnis 

Khusus untuk para pebisnis yang ingin tabungannya memiliki keuntungan yang didapatkan dari hasilnya tersebut. Karena, melalui suku bunga yang ditawarkan membuat pelaku bisnis akan lebih nyaman membuka tabungan khusus untuk keuangan bisnisnya tersebut. Bahkan, berbagai fasilitas lainnya pun akan didapatkan yang lebih luas. 

Mulai dari jumlah transfer lebih besar dan penarikan yang menarik untuk digunakan, apabila Anda sedang berbisnis rasanya tabungan ini bisa menjadi pilihan Anda dapatkan. 

6. Tabungan Pegawai 

Sebenarnya tabungan ini hampir sama dengan yang biasa, tetapi berbeda dari seseorang yang membuka tabungannya tersebut. Kegiatan ini biasanya diberikan oleh beberapa perusahaan, karena untuk dipermudah dalam payroll gaji yang akan didapatkan setiap bulannya. Dengan adanya rekening tersebut tidak ribet melakukannya. 

Jika Anda mendapatkan tabungan ini akan sangat dipermudah, karena menerima banyak keuntungan yang akan didapatkan. Sebab, tidak perlu ke bank mengurus buku tabungan dan jika hendak melakukan pengajuan kredit akan lebih besar didapatkan atau diterima oleh pihak bank. 

7. Tabungan Mahasiswa 

Proses dan kebutuhannya pun hampir sama dengan tabungan pegawai, karena hanya didapatkan ketika Anda menjadi mahasiswa pada suatu universitas tertentu. Adanya tabungan ini didapatkan dari hasil kerjasama pihak universitas dengan pihak bank. Sehingga setiap mahasiswa akan mendapatkan buku tabungan. 

Hal menarik dari adanya tabungan ini membuat para mahasiswa tidak perlu repot melakukan proses pembayaran terkait biaya kuliah dan lebih mudah dalam mengatur uang pribadi yang dimiliki. 

Nah, itulah beberapa jenis-jenis tabungan yang bisa Anda pilih dan dapatkan pada seluruh perbankan di Indonesia.