October 15, 2021
roy kiyoshi

Kabar Artis Tertangkap Kasus Narkoba Terbaru, Siapa Saja Mereka?

kknews.org – Kasus kriminalitas di Indonesia beberapa waktu terakhir justru semakin meningkat, tanpa tahu cara membendung atau menguranginya. Mulai dari pencurian, pembunuhan, hingga narkotika yang tidak henti hentinya meresahkan banyak orang. Sikap yang merugikan orang lain seperti ini tentu harus ditindak dengan tegas, bahkan perlakuan yang sama diterapkan pada selebritis. Beberapa artis yang terjerat kasus narkoba baru baru ini bertambah, mari simak selengkapnya!

Berita Kasus Narkoba yang Dialami oleh Artis Papan Atas

  1. Dwi Sasono

Kasus terbaru datang dari suami penyanyi Widi Mulia yang ditangkap beberapa waktu lali di rumahnya. Pada tanggal 26 Mei 2020, Dwi Sasono ditangkap sekitar pukul 8 malam karena terbukti menyimpan ganja di rumahnya yang disimpan di atas lemari. Ganja yang ia simpan sekitar 16 gram dan membuatnya harus ditangkap serta diamankan di penjara. Penangkapan malam itu tidak berjalan lama karena aktor tiga anak ini bersikap kooperatif terhadap penyidik.

dwi sasono

Dari kasus ini, ia terjerat UU Narkotika dengan tuntutan minimal 5 tahun penjara karena ditemukan barang bukti saat dilakukan penyelidikan. Pada masa ini, ternyata Dwi Sasono justru mengajukan rehabilitasi sehingga dipindahkan ke RSKO Jakarta Timur karena menurut BNNK pelaku masih menunjukkan gejala ketergantungan. Oleh karena itu, masa rehabilitasi yang ia butuhkan sekitar 3 sampai 6 bulan hingga benar benar lepas dari ganja yang membuatnya menyesal.

  1. Roy Kiyoshi

Mundur ke belakang justru datang kabar dari artis yang terus menuai kontroversi sejak ia melakukan operasi plastik, yaitu Roy Kiyoshi. Ia dikabarkan ditangkap petugas pada 6 Mei 2020 lalu di rumahnya.  Pada pukul 15.00 WIB, polisi menggerebek rumah Roy yang bertepatan saat ia selesai syuting dan datang bersama teman temannya. Pelaku pada saat itu tidak sadar dan tidak merasa bersalah atas penangkapannya, sehingga ia pun tidak melawan pada polisi.

roy kiyoshi

Roy menuturkan bahwa ia hanya mengkonsumsi obat tidur, tetapi ternyata ditemukan sekitar 21 pil psikotropika di rumahnya. Oleh karena itu, Roy harus menjalani tes urine agar dapat membuktikan mengkonsumsi salah satu jenis narkotika yang menyimpang dari UU ini. Ternyata ditemukan bahwa positif mengandung psikotropika jenis benzo yang biasa digunakan untuk melemaskan otot. Obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh pasien tanpa resep dokter.

Obat satu ini paling banyak disalahgunakan untuk hal hal yang di luar ketentuan dokter padahal dapat membuat seseorang kecanduan. Biasanya, orang yang mengkonusmsi obat jenis ini karena memiliki gangguan kecemasan, tekanan sosial, sindrom tertentu, atau gangguan tidur. Akan tetapi, orang yang mengkonsumsinya terus menerus dapat meningkatkan dosisnya di atas aturan dokter sehingga kecanduan. Oleh karena itu, Roy masih harus menjalani pemeriksaan di Mapolres.

Baca Juga : Tradisi Lebaran di Beberapa Daerah di Indonesia Ditiadakan Akibat Wabah Corona

  1. Naufal Samudra

Mengisi deretan artis pemakai narkoba, salah satu pemain Mermaid in Love ini harus ditangkap dan menjalani pemeriksaan. Pada bulan April lalu, Naufal ditangkap di rumahnya karena telah diduga menyalahgunakan narkotika hingga membuatnya ketergantungan. Penangkapan ini justru tidak diketahui ibunya dan membuatnya bingung mengenai kasus yang menimpa Naufal ini. Ibunya pun belum bisa memberikan keterangan atau informasi kepada media.

Setelah penangkapan, pemain film Jailangkug 2 ini harus menjalani tes urin untuk membuktikan ia positif pemakai atau bukan. akan tetapi, hasil yang diperoleh justru negatif sehingga masih harus menjalani rangkaian pemeriksaan lain. Pemeriksaan lain yang harus ia jalani adalah tes rambut dan darah untuk mendapatkan kepastian pemakaiannya. Setelah itu, kasus ini dapat diproses mengenai hukuman yang harus dijatuhkan pada pemain sinetron muda ini.

  1. Tio Pakusadewo

Kembali jatuh di lubang yang sama tampaknya menjadi istilah yang tepat disandang oleh aktor senior, Tio Pakusadewo. Pada tahun 2017 lalu ia ditangkap karena terbukti memiliki 1,06 gram sabu dan alat hisap di rumahnya. Oleh karena itu, artis berusia 56 tahun itu harus ditahan 9 bulan karena dakwaan sekunder yaitu penyalahgunaan narkoba. Akan tetapi, Tio berhasil lolos dari dakwaan primer dari Jaksa dengan tuntutan penjara 6 tahun karena menyimpan narkoba.

tio pakusadewo

Kasus tersebut kembali harus dirasakannya karena terbukti menyimpan ganja 18 gram dan alat hisap di rumahnya. Tes urine yang ia jalani membuktikan positif mengkonsumsi narkotika jenis amfetamin dan metamfetamin. Konsumsi yang dilakukan pemain film Cinta dalam Sepotong Roti itu sekitar seminggu sekali dengan pembelian sebulan dua kali. Perbuatan yang dilakukan Tio tersebut membuatnya harus menerima ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Menjadi artis papan atas nyatanya tidak membuat setiap orang bersikap sesuai dengan hukum dan peraturan yang ada. Bahkan tidak semua publik figur dapat dijadikan sebagai panutan karena manusia pada dasarnya letaknya salah. Beberapa artis terjerat kasus narkoba dan baru saja ditangkap di tahun 2020 ini. Salah satu artis yang harus menjalani pemeriksaan, yaitu Dwi Sasoni, Roy Kiyoshi, Naufal Samudra, dan Tio Pakusadewo yang harus dua kali ditahan.