March 5, 2021
vaksin covid19

Kelompok Masyarakat yang Tidak Dianjurkan Mendapatkan Vaksin Covid 19

Pandemi Covid 19 sekarang ini telah hampir bisa dikendalikan, terutama dengan adanya vaksin dan telah dilakukan proses penyuntikan. Tentunya ini menjadi harapan dan titik terang agar pandemi ini cepat selesai dan berlalu. Dengan begitu membuat beberapa aktivitas dapat kembali bergerak dan mulai perlahan bangkit dari keterpurukan. 

Adanya vaksin dan proses penyuntikan yang berlangsung, tentu prosesnya dilakukan secara bertahap dan belum semuanya mendapatkan giliran. Hal ini terbatasnya jumlah vaksin dan membutuhkan waktu. Tetapi melihat proses penyuntikan tersebut, ada beberapa orang yang tidak bisa menerima vaksin Covid 19, siapa sajakah itu? Simak ulasannya.

Kelompok Tidak Dianjurkan Menerima Vaksin Covid 19

1. Memiliki Gangguan Imunitas

Untuk Anda yang memiliki riwayat gangguan terhadap imunitas atau kekebalan tubuh yang tidak stabil, maka Anda tidak bisa menerima vaksin covid 19. Hal ini tidak asal langsung suntik tanpa melihat latar belakang dari pasiennya. Apabila Anda sudah memiliki riwayat seperti leukemia dan sebagainya, lebih baik konsultasikan ke dokter. 

Hal ini untuk memberikan keamanan dan kesehatan, karena jangan sampai pemberian vaksin untuk melindungi diri, tetapi berakhir akan komplikasi. Dengan begitu apabila Anda masih ragu dan belum terlalu memahaminya, lebih baik konsultasikan pada pusat kesehatan dan dokter terdekat, jika Anda masuk dalam daftar vaksin. 

2. Ibu Hamil dan Menyusui

ibu hamil

Berdasarkan informasi dari FDA’s Center yang khusus pada penelitian dan evaluasi biologis menjelaskan kalau pasien hamil yang terkonfirmasi positif covid 19 itu akan sangat berbahaya. Tetapi vaksin 19 bukan salah satu alternatif atau solusi yang tepat, karena beberapa ahli kesehatan atau dokter tidak merekomendasikannya. 

Tetapi dalam tahap ini sifatnya tidak mengikat, semuanya dikembalikan dan didasarkan pada beberapa individu masing-masing untuk memberikan dan mendapatkan hak nya. Karena beberapa lembaga lainnya juga memiliki beda pendapat, sebab sebagian menyebutkan kalau vaksin covid 19 tidak beresiko. 

Semuanya harus diperhatikan dan lebih baik konsultasikan pada beberapa dokter dan lembaga kesehatan lainnya. Apabila vaksin sangat diperlukan, tentunya Anda sudah mempunyai pengetahuan dan informasinya. Terpenting Anda tidak sembarangan memutuskan dan tidak asal-asalan ingin mendapatkan vaksin covid 19 semata. 

3. Mempunyai Alergi

Hal ini diungkapkan oleh lembaga Centers for Disease Control and Prevention menyatakan untuk beberapa orang yang menerima dan mendapatkan vaksin covid 19 terlebih dahulu untuk konsultasikan kandungan dalam vaksin tersebut. Apabila ada kandungan yang dapat menyebabkan alergi dan memperparah, lebih baik untuk tidak melakukannya. 

Kegiatan tersebut tentunya sangat berbahaya dan menyebabkan gangguan yang lainnya, untuk itu pastikan Anda tidak sembarangan melakukannya. Apabila dalam tahap pertama penyuntikan mengalami alergi yang parah, untuk tahap selanjutnya atau penyuntikan kedua lebih baik untuk menghindarinya dan jangan melakukan penyuntikan. 

Beberapa tindakan medis memang perlu dilakukan, penyebaran covid 19 harus ditekan dan dapat dikendalikan. Adanya vaksin menjadi solusi berikutnya untuk memberikan perlindungan, tetapi jangan sampai dengan melakukan vaksinasi akan membahayakan diri sendiri. Lebih baik semuanya dijelaskan dan tidak berbohong kepada tenaga medis sebelum melakukan vaksin. 

4. Untuk Anak-Anak 

Beberapa anak-anak sementara belum diperbolehkan untuk menerima vaksin, karena masih dikhususkan dan dibutuhkan untuk orang-orang dewasa. Bahkan beberapa vaksin seperti moderna pun memberikan standar khusus untuk orang-orang yang mendapatkan dan menerima vaksin harus berusia 18 tahun ke atas. 

Hal ini untuk mengurangi resiko yang berlebih, karena perkembangan dan distribusi vaksin belum sepenuhnya lengkap dan menyeluruh. Namun beberapa penelitian dan para ahli terus melakukan pembaharuan mengenai vaksin covid 19 yang nantinya bisa digunakan dan disuntikkan kepada anak-anak. 

Tentunya prosesnya butuh waktu dan tidak sebentar untuk melakukan pengecekan tersebut, mungkin akan mendapatkan jawabannya pertengahan atau akhir tahun 2021 ini. 

5. Positif Covid 19 dan Penyakit Kronis

Berdasarkan dari informasi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia memberikan penjelasan mengenai penyuntikan vaksin. Menurut lembaga tersebut untuk beberapa orang yang telah memiliki riwayat dan terkonfirmasi positif covid 19 tidak mendapatkan vaksin. Bahkan untuk beberapa orang yang mengalami demam dan penyakit pembekuan darah juga tidak dapat. 

Selain itu juga, masyarakat yang mempunyai penyakit tambahan dan kronis untuk terlebih dahulu konsultasi mengenai penyuntikan vaksin Covid 19. Hal ini tentunya untuk meminimalisir resiko dan jangan sampai penyuntikan membuat beberapa permasalahan yang akan merugikan pada kemudian harinya. 

6. Mendapatkan Imunisasi 

Terakhir untuk beberapa orang yang mendapatkan imunisasi bentuk lain, dari 1 bulan sebelum dan sesudah tidak berhak mendapatkan vaksin. Hal ini untuk mengurangi resiko dan dampak yang ditimbulkan. Terpenting usahakan untuk terbuka dan berkonsultasi dengan dokter dan lembaga kesehatan terlebih dahulu. 

Tetap patuhi protokol kesehatan, vaksin covid 19 memang solusinya. Tetapi penyebaran covid 19 masih terus berlangsung dan jangan sampai acuh. Untuk itu tetap patuhi 3M dan jaga kesehatan.