December 6, 2021
jaringan 5g

Manfaat dan Keunggulan Internet 5G

Sampai saat ini orang yang merasakan manfaat teknologi seluler pada generasi ke-4 yang biasa dikenal dengan sebutan 4G. Namun sekarang ini sudah mulai diperkenalkan jarinagn 5G yang menjadi terobosan terbaru untuk menyediakan semua kebutuhan masyarakat dunia agar jauh lebih canggih dan cepat dari generasi yang lama.

Kehadiran 5G tentu untuk membantu perkembang di berbagai sektor, mulai individu sampai industri besar. Dengan kecepatan dari internet tersebut akan sangat mempengaruhi produktivitas serta perkembangan teknologi yang semakin canggih. Berikut ini terdapat inovasi serta terobosan teknologi dari hadir jaringan 5G di dunia.

1. Koneksi Internet Menjadi Lebih Cepat

Dengan menggunakan jaringan 5G tentu kecepatan internet akan jadi jauh lebih cepat dan juga stabil serta menerapkan latensi rendah jika dibandingkan oleh generasi sebelumnya, dan mampu mempunyai kecepatan internet yang sangat baik dibanding generasi keempat.

5G tentu akan sangat berpengaruh dengan keperluan penelusuran di dunia maya, seperti mengunggah dan mengunduh file dengan kapasitas yang besar dan waktu yang singkat, serta melakukan streaming dengan resolusi 4k tanpa hambatan. Hal ini mampu meningkatkan produktivitas orang-orang setiap harinya karena seluruhnya sudah dilakukan begitu cepat.

2. Cloud Gaming

Memiliki latensi rendah di 5G pastinya akan dirasakan sekali manfaatnya saat bermain games. Kehadiran latensi rendah ini membuat tidak adanya jedah waktu yang diperlukan dalam transmisi berbagai data dari pengirim ke penerima. Misalnya yang dirasakan di dalam permainan games yakni menawarkan respon pergerakan yang cepat, karena jaringan 5G mempunyai transmisi data yang begitu cepat.

Memakai jaringan 5G bisa menikmati layanan seperti Cloud Gaming memungkinkan bermain berbagai games secara langsung di ponsel pada Playstation, Xbox One sampai komputer.

3. Pemanfaatan Drone

Hingga saat ini perangkat seperti drone telah banyak digunakan di berbagai sektor perindustrian seperti pemetaan, pertanian, minyak dan gas, sampai militer. Menggunakan pantauan dari kamera drone dapat membantu mengawasi kinerja perusahaan pabrik atau perusahaan secara langsung.

5G sendiri dapat mengontrol drone pada tingkat presisi yang sangat bagus serta mampu menciptakan video dengan resolusi tinggi.  

4. Game VR dan AR

Biasanya kelemahan dari VR dan AR selalu terletak pada latesi atau jeda waktunya. Kehadiran 5G akan membantu koneksi lebih stabil membuat jeda waktu lebih cepat menjadi yang membutuhkan waktu beberapa detik saja.

Kehadiran jaringan 5G ini membuat koneksi semakin lancar saat sedang menikmati permainan VR dan AR dan terasa lebih realistis dan real time.

5. Membantu Perkembangan IoT

IoT atau internet of things adalah teknologi yang menggunakan jaringan internet agar berbagai data, serta bisa diakses dari jarak jauh  dan memungkinkan lebih dari satu perangkat untuk saling terhubung. Berbagai sektor sudah memakai penerapan IoT untuk mendukung kegiatan operasional dan lain sebagainya.

Penerapan IoT memakai jaringan 5G tersebut, akan memberi konektivitas yang lebih stabil dan cekatan. Secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan perkembangan dan kemajuan ekosistem pada era tersebut.

Kombinasi dari keduanya dapat menghubungkan jutaan lebih perangkat sebagai pertukaran data yang lebih tepat antara kecepatan, latensi dan harga. Hal ini akan sangat membantu begitu banyak sektor, misalnya meningkatkan kinerja industri dengan mesin-mesin perusahaan atau pabrik.

Maka dari itu, hadirnya jaringan 5G tersebut akan sangat berdampak kepada perkembangan era saat ini. Dengan mudahnya memperoleh berbagai informasi sekarang ini, koneksi 5G juga memudahkan serta meningkatkan produktivitas yang sangat tinggi. Oleh karena itu, gunakan kesempatan ini sebaik mungkin agar tetap bisa meningkatkan skill, supaya bisa melakukan inovasi terhadap diri ataupun sebuah perusahaan.

6. Operasi Jarak Jauh

Manfaat dan keuntungan selanjutnya dari hadir nya sarana 5G yaitu pada sektor kedokteran. Dimana dalam hidup dan mati, dengan waktu beberapa detik saja bisa membuat suatu perbedaan yang sangat besar.

Jaringan 5G bisa menghancurkan seluruh batasan yang ada, dan memungkinkan para dokter dapat menjangkau para pasien di seluruh dunia. Kemajuan dunia media lewat teknologi 5G akan terus berkembang dan tidak terbatas. Hampir seluruh hal yang dilakukan perawat atau dokter, dari mengambil  hal-hal vital sampai membuat diagnosis, bisa dicapai lewat telemedicine. Para pasien bisa menghemat uang, waktu dan lebih cepat dengan sarana teknologi 5G. Kaum lansia khususnya para penyandang cacat, bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dengan menggunakan perawatan medis yang diakses dari rumah mereka saja.

7. Mobil Otonom

Mobil otonom cukup disoroti sebab tidak dapat diandalkan setelah terjadinya berbagai kecelakaan pada masa lalu.  Di dalam jalan raya agar bisa menyokong jutaan pengendara otonom tentu membutuhkan koneksi jaringan yang lebih cepat dan baik. Hadirnya jaringan 5G sangat memungkinkan untuk kendaraan otonom bisa mendeteksi bahaya lebih baik lagi dan dapat berkomunikasi terhadap kendaraan lain, mengikuti peta lebih tepat dan berinteraksi oleh rambu-rambu dengan sangat pintar.