Presiden Kazakhstan mengambil saran Uni Eropa tentang transformasi politik

Presiden Kazakhstan mengambil saran Uni Eropa tentang transformasi politik

Presiden Kazakhstan yang baru terpilih mengungkapkan bahwa dia telah berkonsultasi dengan Uni Eropa tentang cara mencapai transformasi politik di negaranya.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Euronews, Kassym-Jomart Tokayev menjanjikan pembebasan awal bagi para juru kampanye pro-demokrasi yang tidak menyebabkan “kerusakan serius” terhadap keselamatan publik.

Dan dia bersikeras bahwa tujuan jangka panjangnya adalah para pemrotes muda harus menemukan tempat mereka dalam masyarakat Kazakh.

Tokayev mengatakan dia memiliki “negosiasi yang baik” selama kunjungan Presiden Dewan Eropa baru-baru ini, Donald Tusk

“UE adalah mitra dagang terbesar Kazakhstan. Volume perdagangan lebih dari 33 miliar euro, ”katanya. “Itu lebih dari setengah dari omset perdagangan Kazakhstan. Jadi pentingnya kerja sama dengan UE sangat jelas. Presiden Dewan Eropa Donald Tusk ada di sini baru-baru ini. Kami memiliki negosiasi yang cukup baik: kami mengklarifikasi prinsip-prinsip di bidang utama, jadi saya sangat optimis tentang kerja sama dengan UE. Pertama-tama, kerja sama perdagangan dan ekonomi, investasi, dialog tentang kemitraan strategis di arena internasional dan memanfaatkan pengalaman negara-negara Eropa maju dalam hal transformasi politik masyarakat. ”

Mengenai laporan yang sangat kritis tentang pemilihan presiden baru-baru ini dari OSCE, Tokayev mengatakan:

“Semua kondisi diciptakan untuk penyelenggaraan pemilihan terbuka. Saya akui ada pelanggaran di beberapa TPS. Tentu saja akan ada analisis terperinci dan jika semua ini dikonfirmasi, langkah-langkah organisasi akan diambil.

Baca juga : Suhu 35-40 Celcius diperkirakan di seluruh Eropa minggu ini

“Strategi kami adalah membangun dialog. Prioritas kebijakan saya adalah untuk menarik kaum muda ke kekuasaan, untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah kepentingan nasional. Tentu saja, perwakilan dari gerakan protes akan diundang, sehingga kami dapat menyelesaikan masalah di meja bundar, bukan di jalanan dalam suasana kerusuhan dan kekacauan. ”

Dan dia berjanji untuk mengizinkan demonstrasi resmi: “Secara alami segala sesuatu yang ilegal akan dihentikan. Kantor jaksa penuntut umum telah berulang kali memperingatkan tentang ilegalitas pertemuan semacam itu di jalan – demonstrasi tanpa izin, kerusuhan – karena mereka mengganggu orang-orang yang tidak ingin berpartisipasi. Oleh karena itu hukum akan dibuat dimana orang yang ingin pergi ke demonstrasi untuk mengekspresikan pandangan mereka akan menghubungi pihak berwenang terkait dan akan diberi tempat khusus untuk mengumpulkan dan mengekspresikan pendapat mereka. ”

Laporan dari OSCE ke dalam pemilihan Tokayev menyoroti pelanggaran terhadap kebebasan mendasar dan laporan kecurangan surat suara, dengan mengatakan tidak mungkin untuk menetapkan apakah penghitungan suara itu adil atau tidak.

shares