January 12, 2021
bintang emon viral instagram

Profil Komika Bintang Emon dan Beberapa Video yang Viral

kknews.org – Beberapa waktu belakangan sosial media kembali menyorot sosok komika Indonesia lewat videonya yang viral. Ya, sosok komika tersebut adalah Bintang Emon yang merupakan alumni ajang pencarian bakat stand up di sebuah stasiun televisi nasional. Video Bintang Emon yang viral berisikan opininya tentang kasus penyiraman air keras Novel Baswedan.

Setelah sampai pada sidang tuntutan, jaksa hanya menuntut kedua pelaku kasus penyiraman air keras Novel Baswedan 1 tahun penjara. Hukuman tersebut dianggap tidak setimpal dengan perbuatan pelaku dan terkesan sengaja meringankan hukuman. Masyarakat juga sempat bertanya-tanya apa alasan di balik tuntutan ringan tersebut.

Profil Komika Bintang Emon

Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra adalah nama lengkap dari sosok komika ini. Bintang Emon dikenal masyarakat sebagai stand up comedian atau akrabnya dipanggil dengan sebutan komika. Lahir pada tanggal 5 Mei 1996, sosok komika ini mulai dikenal publik pada saat mengikuti ajang pencarian bakat salah satu televisi nasional tahun 2017. 

Bintang Emon meraih juara pada musim ketiga program Stand Up Comedy Academy (SUCA). Sebelumnya, sosok ini memang sudah aktif dan bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Bandung pada tahun 2014. Setelah meraih juara, perlahan-lahan publik semakin mengenal Bintang Emon sebagai komika yang kerap manggung. 

Tidak cukup berkecimpung di dunia stand up comedy, dunia akting pun mulai dijajal komika yang bernama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra. Lewat film layar lebar Milly dan Mamet: Ini bukan Cinta dan Rangga dan film Dua Garis Biru, Bintang Emon menunjukkan bakat aktingnya. 

Beberapa Video Instagram Bintang Emon yang Viral 

Video DPO alias Dewan Perwakilan Omel-omel

Video DPO alias Dewan Perwakilan Omel-omel merupakan konten yang diunggah komika Bintang Emon di media sosial instagramnya. Berawal dari unggahannya, video DPO langsung melejit viral di sosial media dalam waktu yang cukup lama. Warga sosial media pun beramai-ramai memfavoritkan sosok ini karena sering menciptakan konten-konten lucu. 

bintang emon viral instagram

Tujuan video tersebut adalah menyampaikan sebuah pesan kepada penonton, namun dibalut dengan komedi dan membuat para penonton terpingkal-pingkal. Rasa-rasanya konten video dewan perwakilan omel-omel untuk mereka yang berbaju inilah awal mula warga sosial media mulai familiar dengan nama Bintang Emon. 

Tak kalah viral dengan konten sebelumnya, alumni SUCA ini juga membuat video lain namun masih dengan konten DPO. Tema yang diangkat pada video tersebut adalah memarahi orang-orang yang masih cuek terhadap antisipasi virus corona. Jangankan netizen, sejumlah publik figur seperti Sujiwo Tejo, Haidar Bagir, Addie MS, Cak Imin hingga Dewi Sandra, hingga media asing menaruh perhatian pada video DPO Corona ciptaan komika ini. 

Baca Juga : Faktor Penyebab Pertamina Mengalami Kerugian

Video Bintang Emon tentang Kasus Novel Baswedan

Publik kembali menyorot konten video komika Bintang Emon yang berisi tentang kasus Novel Baswedan, seorang penyidik senior KPK. Berawal dari salah satu platform sosial media terkenal, telah banyak netizen yang membagikan ulang video viral tersebut. 

Sidang tuntutan kasus penyerangan Novel Baswedan merupakan penyebab dari munculnya video DPO tersebut. Sosok komika ini mengungkapkan kesedihannya terhadap pembacaan tuntutan jaksa kepada pelaku penyerangan yang merupakan dua anggota kepolisian. 

Pelaku yang berdalih tidak sengaja menyerang penyidik senior KPK tersebut hanya diganjar hukuman satu tahun penjara saja. Melihat sidang tuntutan dari jaksa terhadap pelaku tersebut membuat sejumlah pihak geram dan mulai mengkritik karena dianggap mengada-ngada, termasuk Bintang Emon. Alumni SUCA ini pun membuat sebuah video yang diunggah ke sosial media pribadi dimana berisi kritikan terhadap sidang tuntutan. 

Imbas dari Video Viral Novel Baswedan

Setelah video kritikannya tersebut, Bintang Emon sempat mendapat berbagai ancaman dan fitnah dari buzzer di sosial media. Ia dituduh sebagai seorang pecandu narkoba. Namun dengan tegas Bintang Emon membantah dan menunjukkan bukti bebas narkoba melalui surat keterangan dari rumah sakit. 

Meskipun difitnah sedemikian rupa akibat dari video kritikan kasus novel baswedan yang viral, sejumlah dukungan terus mengalir kepada Bintang Emon. Mulai dari netizen, sejumlah publik figur, para politisi, hingga Novel Baswedan rupanya memberi dukungan terhadap aksi Bintang Emon. 

Kritikan Bintang Emon juga dipuji sejumlah tokoh politik sebut saja Jansen Sitindaon yang merupakan Wasekjen Partai Demokrat. Jansen menyebutkan Bintang Emon butuh perlindungan karena telah berani bersuara. 

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR juga berharap sosok stand up comedian ini terus berkarya dan tetap menyampaikan kritikannya tanpa takut dengan ancaman tersebut. Sementara itu, Bintang Emon dilihat sebagai sosok yang peduli oleh Mardani Ali Sera yang merupakan anggota DPR Fraksi PKS. 

Itulah profil komika Bintang Emon dan beberapa konten video instagramnya yang viral di jagat media sosial. Mulai dari video DPO hingga video berisi sindirannya terhadap kasus Novel Baswedan yang menjadi sorotan publik.