February 26, 2021
luhut binsar panjaitan

Profil Menteri Maritim dan Investasi: Luhut Binsar Pandjaitan

kknews.org – Pemerintahan Joko Widodo dan segenap jajaran menteri dalam kabinet 2019-2024 satu setengah tahun yang lalu telah resmi dibentuk untuk melaksanakan tugasnya masing-masing. Juga Menteri Maritim dan Investasi Indonesia di kabinet Indonesia Maju yang kembali diemban oleh Luhut Binsar Pandjaitan. Di Istana Merdeka, Presiden Jokowi Widodo secara langsung mengumumkan nama Luhut dan memberinya tugas untuk mengurusi segala hal berkaitan dengan investasi dan kemaritiman. 

Tugas yang diemban Luhut Binsar Pandjaitan tentu tidak mudah, sebab segala hal yang berurusan dengan visi dan misi menjadi poros maritim dunia serta masalah-masalah yang menjadi hambatan dalam investasi juga menjadi tugas utama yang harus terwujud dalam kurun waktu 5 tahun.

Tentu menarik untuk diketahui mengenai profil menteri kepercayaan Presiden Joko Widodo yang ditugaskan mengurusi masalah investasi dan kemaritiman Indonesia, yaitu Luhut Binsar Pandjaitan. Berikut ulasannya. 

Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri di Segala Bidang

Sebutan menteri di segala bidang seringkali diberikan masyarakat Indonesia kepada Luhut Binsar Pandjaitan ketika terjadi kontroversi. Bagaimana tidak, di kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi kembali dijabat oleh orang kepercayaan Presiden Joko Widodo. 

Luhut Binsar Pandjaitan lahir pada tanggal 28 September 1947 di Sumatera Utara. Sebelum meniti karir di bidang politik dan pemerintahan, ternyata pria berumur 73 tahun ini dulunya sempat lama berkecimpung di dunia militer. Tentu sudah tidak terhitung jumlah prestasi yang diukir oleh Luhut yang kini menjabat menjadi menteri kemaritiman dan investasi.

luhut binsar panjaitan

Ia sangat piawai dalam berkomunikasi, Luhut di era BJ Habibie juga dipercaya menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura. Tidak sampai disitu saja, pria yang sering dipanggil oleh wartawan dengan sebutan Opung ini juga pernah diemban tugas besar sebagai menteri perdagangan dan industri di era kepemimpinan Gus Dur. Meskipun di era tersebut Luhut Binsar Pandjaitan hanya menjabat selama periode 2000-2001. 

Baca Juga : Bayar Biaya Pendaftaran Sekolah dan Kuliah Pakai Tunaiku

Luhut Binsar Pandjaitan dan Karir Militernya

Sebelum terjun langsung ke pemerintahan, dulunya Luhut Binsar Panjaitan merupakan salah satu prajurit TNI AD. Hampir sebagian besar kehidupan militernya dihabiskan Luhut di Kopassus TNI AD. Selama berkarir di dunia militer, menteri maritim dan investasi Indonesia periode 2019-2024 sempat mengisi jabatan-jabatan penting. 

Seperti Komandan Pendidikan dan Latihan TNI AD, Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussesensif), hingga Komandan Grup 3 Kopassus. Beberapa aktivitas sosial juga aktif diikuti oleh Luhut selain menggeluti bidang militer kala itu. Di tahun 2009-2019, Luhut Binsar Pandjaitan pernah menjabat sebagai Ketua Federasi Olahraga Karate-do Indonesia, di tahun 2014 menjadi Pembina Relawan Bravo 5 Pendukung Jokowi JK, Pendiri Yayasan Lingkar Bina Prakarsa, Pendiri Yayasan Luhur Bakti Pertiwi dan Pendiri Yayasan DEL.  

Pada tahun 2014-2015 silam, ia juga ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia pertama. Kemudian, Presiden Jokowi mengangkat pria berusia 73 tahun ini sebagai Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkumham). Tepat setahun setelah penunjukannya, Luhut Binsar Pandjaitan kembali dipindahkan ke bidang lain yaitu sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman hingga di kabinet Indonesia Maju kembali ditugaskan kepadanya. 

Tegas, itulah penilaian masyarakat terhadap setiap pernyataan yang diutarakan Luhut disamping segelintir kontroversi dan prestasi yang diukirnya. 

Pendapat Luhut Binsar Panjaitan Terkait Pinjaman UMKM Indonesia

Selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, tentu segala hal yang berkaitan dengan pinjaman UMKM Indonesia menjadi salah satu tugas utama yang harus Luhut kerjakan. Beberapa waktu lalu, dalam wawancaranya dengan sejumlah media, orang kepercayaan Presiden Jokowi ini memberikan pernyataan bahwa para pelaku UMKM tanpa terkecuali akan menerima tantangan besar seperti mencari dan menemukan akses permodalan dalam rangka menjalankan usahanya. Tentu saja dalam pernyataan tersebut, Luhut menyentil industri perbankan yang mempersulit pelaku UMKM mendapatkan permodalan. 

Maka dari itu, secara langsung Luhut Binsar Pandjaitan yang saat ini menjabat sebagai Menteri Maritim dan Investasi meminta kepada pihak perbankan untuk mempermudah para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam memberikan pinjaman. Menurutnya, proses administrasi pihak bank seringkali menjadi batu sandungan untuk kebanyakan pelaku UMKM yang ingin mendapatkan pendanaan. 

Itulah sebabnya menurut luhut pihak perbankan serta lembaga keuangan lain seperti pinjaman online cepat, perlu melakukan sejumlah inovasi seperti memberi kelonggaran administrasi kepada para penggerak UMK yang mengajukan modal pinjaman untuk mengembangkan usaha yang bersangkutan. ia juga menyampaikan bahwa saat ini regulasi yang berbelit-belit sudah tidak lagi relevan karena hanya membuat susah berbagai pihak.

Selain Luhut, Presiden Joko Widodo juga turut sependapat mengenai perampingan administrasi pinjaman bank. Apalagi banyak program pemerintah yang khusus ditujukan kepada seluruh UMKM di Indonesia, baik melalui bantuan modal maupun dalam bentuk pelatihan. Selama ini penopang perekonomian Indonesia salah satunya adalah UMKM, dan UMKM juga yang akan membantu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi. 

Sekian saja dari kami mengenai Profil Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Maritim dan Investasi periode 2019-2024 sekaligus pendapatnya mengenai pinjaman untuk UMKM. Semoga bermanfaat.