Senegal: meningkatkan bisnisnya

Senegal, meningkatkan bisnisnya

Dalam episode baru kami tentang Fokus, kami melihat bagaimana Senegal mengalami reformasi. Selama beberapa tahun, berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong dunia wirausaha dan iklim bisnis. Tujuannya adalah Senegal yang baru muncul dengan pertumbuhan berkelanjutan yang menguntungkan semua orang. Tetapi seberapa menjanjikan prospek negara ini?

Serge Rombi mengunjungi daerah di luar ibukota yang sedang dikembangkan: “Hampir sepi 5 tahun yang lalu, daerah ini menjadi ibukota nyata di gerbang ibukota, dengan perumahan, administrasi, kesehatan, pendidikan, infrastruktur rekreasi, dan internasional ini. platform industri, khususnya dinamis! ”

Pabrik tekstil

Dia mengunjungi faktor tekstil yang telah menerima investasi lebih dari 3,5 juta Euro. Hasilnya 300 orang direkrut dan dilatih.

“Ada alasan bagus bahwa perusahaan Cina ini telah memilih zona ekonomi khusus Diamniadio. Ini memiliki banyak keuntungan – pembebasan pajak dan fasilitas bea cukai. Ini juga mendapat manfaat langsung dari infrastruktur transportasi baru, ”kata Rombi.

Euronews berbicara dengan Mohamed Hady Sar – kepala sumber daya manusia dan pakaian C&H Senegal tentang pentingnya koneksi transportasi yang baik.

“Kami mengekspor 80% dari produk kami, jadi sangat penting bagi kami untuk memiliki fleksibilitas di jalan, tetapi juga akses ke pelabuhan dan bandara.”

Kereta Regional Express Dakar (TER)

TER (kereta) baru – yang akan segera diluncurkan – sudah berdampak pada perekonomian negara. Seorang UKM Senegal bernama ZENITH telah dikontrak untuk pembangunan jalur yang akan menghubungkan Dakar ke Diamniadio. Kemudian akan meluas ke bandara baru Blaise Diagne.

Berikut adalah cuplikan yang diedit dari percakapan antara Serge Rombi dan Alioune Fall, CEO ZENITH, yang membahas dampak kontrak.

ROMBI Bagaimana kontrak ini akan mengubah perusahaan?

FALL Kontrak ini telah memungkinkan kami untuk mendapatkan pesanan baru, untuk merekrut lebih banyak orang

ROMBI Sudahkah itu membantu mengembangkan keahlian?

FALL Ini membantu mengembangkan pengetahuan dan teknik manufaktur baru

ROMBI Berapa banyak pekerjaan yang diciptakan?

FALL 120 pekerjaan.

Untuk formalitas administratif, UKM ini – seperti banyak perusahaan lain di negara ini – sekarang menggunakan sistem pembayaran tanpa pajak dan pengembalian pajak. Euronews berbicara dengan Abdoul Aziz Sakho – seorang akuntan di Zenith.

ROMBI Apa manfaat sistem seperti ini untuk perusahaan seperti milik Anda?

SAKHO Menyimpan waktu khususnya! Karena sebelumnya, saya perlu sehari untuk membuat pernyataan, sekarang dalam 5 menit pembayaran telah diselesaikan

ROMBI dan apakah ini dapat diandalkan?

SAKHO Dapat diandalkan, tidak ada risiko kesalahan, dan dengan biaya yang lebih rendah untuk perusahaan

Pengadilan Niaga Dakar

Dibuat sedikit lebih dari setahun yang lalu, Pengadilan Niaga Dakar yang baru telah menyelesaikan lebih dari 4.500 kasus. Ini membuktikan alat utama untuk meningkatkan iklim bisnis di Senegal

Baca juga : Dari Matera Ke Bulan: The Soundtrack Apollo Membawa Momen Unik Untuk Hidup 50 Tahun Kemudian

Euronews berbicara dengan Pengacara Bisnis Coumba Seye Ndiaye yang memberi tahu kami efek positifnya terhadap perekonomian.

“Kami tidak lagi menunggu selama 3 bulan, satu tahun, dua tahun untuk menyelesaikan kasus pengadilan, dan dalam maksimal 3 bulan kami memiliki keputusan pengadilan yang mengikat.”

Tidak ada tanda-tanda pertumbuhan melambat. Setidaknya tidak menurut Mountaga Sy, kepala APIX, sebuah Badan promosi investasi dan pekerjaan besar yakin bahwa negara akan terus melakukan reformasi.

“Percayalah pada kami! Datang dan berinvestasi di Senegal, negara yang mengikuti lintasan stabil, yang telah mengarah pada reformasi yang memungkinkan kami untuk mencapai posisi ke-46 dalam indikator perlindungan investor dalam peringkat bisnis yang sedang berjalan ”

Negara ini terus menarik investasi asing. Kami berbicara dengan perusahaan milik India yang telah menginvestasikan 400 juta dolar untuk merevitalisasi Industri Kimia Senegal, perusahaan yang berjuang beberapa tahun lalu. Dan hasilnya berbicara sendiri: perusahaan sekarang memiliki kinerja kelas satu.

“Hari ini, semua syarat untuk berinvestasi di Senegal, Negara Senegal akan menghormati komitmen yang dibuat dengan Investor.” Alassane Diallo – CEO, Industri Chimiques Du Senegal.

Antara 2012 dan 2018, pertumbuhan Senegal meningkat dari 4,4 menjadi 6,8% per tahun. Negara ini bertujuan untuk muncul pada tahun 2035 dan tampaknya berhasil.

shares