January 19, 2022

Tips Menghindari Gelombang Ketiga Covid-19

Potensi gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia diprediksi akan terjadi pada akhir tahun 2021. Berkaca dari kejadian sebelumnya yang disebabkan oleh peningkatan mobilitas masyarakat saat perayaan hari besar keagamaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah harus berupaya mencegah lonjakan kasus positif covid-19 di berbagai daerah dengan cara menghapus cuti libur bersama. Apakah cara ini cukup efektif digunakan?

Tentu saja bisa, asal masyarakat punya kesadaran diri untuk membatasi mobilitasnya selama akhir tahun nanti. Siapa sih yang tidak khawatir dengan gelombang ketiga Covid-19, semua masyarakat Indonesia tentu sangat berharap bisa keluar dari kondisi tersebut dan menjalankan kehidupan secara normal seperti dulu.

Terkait dengan peringatan gelombang ketiga ini, pihak satgas covid-19 sudah dari jauh-jauh hari menyampaikan supaya seluruh pihak dapat lebih waspada dan disiplin mematuhi protokol kesehatan. Indonesia baru selesai menghadapi dua gelombang pandemi. Melihat pola tersebut, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal yang sama dalam beberapa waktu mendatang. Meskipun saat ini jumlah masyarakat yang telah mendapat vaksin sudah lebih dari 50%, bukan berarti kita bisa bersantai-santai tanpa mengkhawatirkan apa pun. Kekhawatiran akan terjadinya gelombang ketiga ini juga disampaikan oleh sejumlah kalangan, termasuk IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Supaya lebih aman, kita harus memproteksi diri dengan tips-tips berikut.

5 Cara Efektif agar Tidak Tertular Virus Corona

Virus corona telah tersebar hampir di seluruh negara di dunia, dan telah menelan banyak korban jiwa. Wabah ini sangat mudah menular, terutama varian-varian yang baru muncul. Infeksi virus Corona pertama kali muncul di Kota Wuhan tahun 2019 lalu. Hingga sekarang masih belum diketahui asal usulnya. Indonesia sendiri bersiap menghadapi lonjakan gelombang ketiga yang diprediksi terjadi pada akhir 2021. Guna menghindari kejadian ini, kita perlu melakukan langkah-langkah berikut.

  1.     Cuci Tangan dengan Benar

Cara efektif agar tak tertular virus corona bisa dengan mencuci tangan pakai air mengalir dan sabun selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian mulai dari punggung tangan, pergelangan tangan, kuku, dan sela-sela jari dicuci hingga bersih. Kemudian keringkan dengan mesin pengering tangan, handuk bersih, atau tisu. Supaya lebih praktis, Anda bisa menggunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol di 605 ke atas. Silahkan cuci tangan Anda dengan teratur terutama setelah menyentuh hewan, setelah menggunakan toilet, setelah makan dan membuang sampah, ataupun setelah bersin dan batuk.

  1.     Menjaga Daya Tahan Tubuh

Virus tidak mudah menyerang kita saat sistem imun tubuh kuat. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, para ahli menyarankan kita agar rutin berolahraga dan mengatur pola makan dengan gizi seimbang. Bila perlu, Anda bisa menambahkan suplemen sesuai anjuran dokter. Selain olahraga dan makan, mengurangi rokok, tidur cukup, dan menghindari minuman alkohol juga dapat membantu daya tahan tubuh meningkat.

  1.     Menggunakan masker

Secara umum ada dua tipe masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan corona, yakni masker N95 dan masker bedah. Masker yang saat ini umum digunakan masyarakat kita adalah masker bedah karena mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau. Namun untuk sekarang, para ahli merekomendasikan kita untuk menggunakan masker dua lapis. Tidak lain karena munculnya varian virus baru yang lebih menular dan berbahaya. Walaupun diklaim tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan virus corona, penggunaan masker tetap dapat mengurangi risiko infeksi. Supaya hasilnya maksimal, silahkan imbangi dengan beberapa cara sebelumnya.

  1.     Melakukan Desinfeksi Secara Rutin

Menjaga kebersihan rumah penting dilakukan baik sebelum maupun saat pandemi masih berlangsung. Apalagi kita tidak tahu tempat-tempat dimana virus ini bisa menempel. Jika sudah masuk dalam rumah, virus Corona dapat bertahan dan hidup selama berjam-jam. Supaya terhindar dari risiko penularan, silahkan bersihkan rumah Anda secara rutin dengan disinfektan. Bersihkan secara menyeluruh mulai dari peralatan dan perabotan yang sering disentuh seperti permukaan meja, kran air, remote tv, dan gagang pintu. Anda perlu menggunakan masker dan sarung tangan saat melakukan desinfeksi. Setelah selesai, silahkan bersihkan tangan dengan sabun dan air bersih agar penularan virus corona tidak terjadi.

  1.     Isolasi Mandiri

Salah satu langkah penting yang dapat memutus mata rantai penyebaran virus ini adalah pembatasan fisik. Hal ini bisa dilakukan dengan membatasi diri bepergian ke luar rumah. Meskipun terpaksa harus keluar, Anda harus menjaga jarak dengan orang lain setidaknya sejauh 1 meter.

Upaya Pemerintah Dalam Mengantisipasi Gelombang Ketiga Covid

Selain masyarakat, pihak pemerintah juga mengantisipasi potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dengan cara:

  •       Meningkatkan kapasitas tes covid-19
  •       Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai level
  •       Melakukan sosialisasi guna mendorong kepatuhan masyarakat akan penerapan protokol kesehatan
  •       Mempercepat proses vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia
  •       Memperketat akses masuk dari luar negeri untuk mencegah masuknya varian baru.

Demikian tips menghindari gelombang ketiga covid-19. Semoga bermanfaat dan membantu Anda selamat dari ancaman virus berbahaya tersebut.