Marak Investasi Bodong, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Marak Investasi Bodong, Bagaimana Cara Menghindarinya?

Maraknya kasus investasi bodong belakang ini yang ada di Indonesia. Sebenarnya, investasi bodong merupakan bentuk investasi tidak berizin dan tidak memiliki skema yang jelas. Jika Anda ingin berinvestasi, Anda harus waspada dan cerdas supaya Anda tidak menjadi korban dari investasi bodong tersebut. 

Investasi yang bagus yaitu investasi di instrumen investasi yang memiliki izin dan terdaftar pada OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi, Anda tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara agar terhindar dari investasi ilegal tersebut. Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

Lakukan Cara ini untuk Menghindari Investasi Bodong 

  • Lihat perizinannya 

Untuk mengumpulkan dana milik masyarakat khususnya dalam jumlah yang besar, perusahaan atau lembaga investasi membutuhkan izin dari pemerintah. Jika lembaga investasi tidak mempunyai izin dan tidak terdaftar dalam OJK, ada baiknya Anda urungkan niat untuk berinvestasi di lembaga atau perusahaan tersebut. 

Jika mereka menawarkan komoditi atau investasi berjangka panjang, maka ada baiknya Anda lihat perizinannya di Bappebti. Apabila perusahaan investasi tidak mempunyai izin dan tidak ada dalam daftar, sebaliknya Anda tidak berinvestasi di perusahaan mereka. 

  • Memiliki return yang wajar 

Saat berinvestasi, semakin besar keuntungan yang diberikan kepada Anda, maka semakin tinggi pula resiko yang harus Anda tanggung. Jika perusahaan investasi memberikan keuntungan yang sangat tidak wajar, ada baiknya Anda berhati-hati dengan perusahaan tersebut. 

Terdapat dua jenis sistem pada penawaran investasi ilegal. Pertama yaitu sistem piramida, yang berarti Anda sebagai investor pertama diharuskan untuk menginvestasikan sejumlah dana pada orang yang mengajak Anda menjadi anggota baru, dan untuk investor kedua pun memiliki kewajiban mencari anggota baru dan harus menyetorkan dana pada perusahaan tersebut. 

Kedua, yaitu sistem ponzi, di mana Anda dijanjikan keuntungan yang sangat fantastis. Cara pembagian dananya yaitu sejumlah uang yang sudah disetorkan akan dipakai untuk membayar return yang sudah dijanjikan ke investor lain. Selain itu, investor ilegal biasanya akan menggunakan artis atau selebgram untuk menarik Anda. 

Padahal artis atau selebgram tersebut bukanlah bagian dari perusahaan ilegal tersebut. Untuk itu, Anda jangan mudah tergiur dengan ajakan orang lain agar menghindari investasi ilegal ini. 

Marak Investasi Bodong, Bagaimana Cara Menghindarinya?

  • Lihat rekam jejaknya 

Anda perlu mengetahui rekam jejak dari perusahaan investasi tersebut agar menghindari penipuan. Dengan adanya internet bisa mempermudah Anda untuk mengecek rekam jejak nya secara detail. Selain itu, Anda juga dapat menelusurinya melalui google tentang testimoni dari para investor yang pernah berinvestasi pada perusahaan tersebut. 

  • Aset dasar tidak jelas 

Investasi wajib mempunyai aset dasar dengan jelas, seperti reksadana saham wajib mempunyai aset saham dengan jelas. Uang yang sudah diinvestasikan akan dikelola oleh MI (Manajer Investasi) untuk memperoleh keuntungan dan Anda tidak perlu repot untuk mengelolanya. 

Tetapi, lain halnya dengan investasi bodong yang tidak memiliki kejelasan dalam pengelolaan uang. Sehingga, investor tidak memperoleh informasi uang yang telah diberikan. 

  • Ketahui cara pengelolaan dana investasinya 

Jika Anda ingin mulai berinvestasi, ada baiknya Anda mengetahui lebih detail tentang cara pengelolaan dana investasi pada perusahaan tersebut. Jika perusahaan investasi tidak memberikan akses untuk Anda atau terkesan menutupi, maka Anda harus menaruh curiga untuk perusahaan tersebut. 

Perusahaan investasi yang benar akan memberikan informasi sangat jelas mengenai resiko, keuntungan, kerugian, dan lainnya pada Anda. Berbeda sekali dengan investasi ilegal yang biasanya hanya menawarkan keuntungan yang luar biasa dengan resiko yang tidak sebanding. 

  • Cari tahu silsilah perusahaan 

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari investasi bodong yaitu selidiki perusahaan tersebut secara detail. Anda perlu mencari tahu seluruh informasi mengenai perusahaan tersebut. Anda bisa melacaknya dari sosial media, website dan lainnya. Hal ini dilakukan guna mengetahui apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak. 

  • Jangan FOMO 

Fear Of Missing Out atau FOMO adalah istilah untuk para investor yang tidak ingin kehilangan kesempatan untuk mendapatkan return yang belum jelas adanya. Jangan Anda terhasut dengan kata-kata orang lain. Jika Anda ingin melakukan investasi, maka ada baiknya pelajari dahulu produk investasi lebih dalam supaya tidak tertipu. 

  • Jelas memiliki rencana investasi 

Supaya Anda terhindar dari investasi ilegal, Anda wajib mempunyai rencana investasi lebih dulu. Membuat rencana investasi yang bagus yaitu dengan mempunyai tujuan keuangan dengan jelas, mengetahui resiko investasi dan memilih investasi yang terpercaya. 

Jika Anda telah mempunyai rencana investasi ini, Anda tidak mudah untuk tergiur pada investasi ilegal. Pada kenyataannya, investasi bukanlah cara agar Anda bisa kaya secara mendadak, tetapi untuk Anda menyimpan penghasilan Anda untuk ditabung di beberapa instrumen investasi supaya nilai asetnya tetap terjaga.

Demikianlah, beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari investasi ilegal yang akan merugikan. Selalu waspada dalam memilih instrumen investasi dan jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang menggiurkan, ya! 


Leave a Reply

Your email address will not be published.