Alasan Banyaknya Perusahaan yang Melakukan PHK Menyita Perhatian


 Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK sering kali terjadi dan banyak menyita perhatian masyarakat. Peristiwa yang satu ini bukan hanya ada di perusahaan rintisan atau startup saja, namun terjadi pula di perusahaan besar seperti Indosat yang belum lama ini melakukan PHK kepada pegawai barunya. 

Walaupun peristiwa ini tidak menyenangkan, tetapi langkah ini kerap kali perlu diambil guna menjadi cara dalam menyelamatkan perusahaan. Tidak hanya alasan ini saja, ada beberapa alasan lain yang biasanya menjadi latar belakang keputusan kerja tersebut. Lalu, apa saja alasan perusahaan yang melakukan PHK? Berikut alasan yang perlu kamu ketahui. 

Perusahaan Melakukan PHK, Ini Alasannya 

Supaya kamu lebih mengetahui, di bawah ini ada sejumlah alasan mengapa perusahaan melakukan PHK. 

  • Mengurangi biaya 

Perusahaan melakukan PHK dengan alasan karena PHK menjadi salah satu cara untuk perusahaan menekan pengeluaran. Hal tersebut dilakukan jika perusahaan tidak mempunyai cukup keuntungan guna menutupi semua pengeluaran. 

Saat perusahaan mengambil keputusan guna melakukan PHK kepada karyawan, perusahaan pun perlu memperhitungkan cara dan proses yang benar supaya tidak berakhir dengan gugatan secara hukum. 

  • Relokasi perusahaan 

Pindahnya operasional perusahaan ke wilayah atau negara lain pun terkadang menjadi salah satu alasan perusahaan perlu merumahkan pegawainya. Alasannya sebab alih-alih perlu memindahkan pegawai, perusahaan akan memilih untuk merekrut pegawai baru di wilayah yang baru. 

Sebab jika mempertahankan pegawai lama, perusahaan akan mengeluarkan biaya lebih untuk memindahkan tempat tinggal dari pegawai lama tersebut juga sehingga pengeluaran lebih banyak. 

  • Efisiensi karyawan 

Terkadang perusahaan pun melakukan PHK saat merasa harus menghilangkan sebagian posisi yang diyakini berlebihan guna operasional perusahaan yang sangat efisien. Berlebihan disini bisa diartikan jika terdapat beberapa posisi dengan peran dan fungsi yang mempunyai kesamaan dengan posisi tertentu. 

Kadangkala efisiensi karyawan pun dilakukan jika perusahaan sedang berubah manajemen atau arah sehingga harus melakukan definisi ulang untuk menentukan berbagai peran pada perusahaan. 

  • Kemajuan teknologi 

Melewati kemajuan teknologi, tidak sedikit karyawan akhirnya terkena PHK sebab mereka sudah digantikan dengan hadirnya robot. Seperti yang sudah kita ketahui jika 1 robot mungkin dapat menggantikan 2 sampai 3 tugas pegawai sekaligus dan hal itu bisa mengurangi budget perusahaan. 

Terdapat salah satu contoh perusahaan yang sudah menggantikan pekerjaan pegawai dengan robot yaitu penunggu karcis yang sudah digantikan dengan mesin karcis online. 

  • Perusahaan melakukan penggabungan atau dibeli 

Alasan yang biasanya membuat perusahaan melakukan PHK yaitu jika salah satu perusahaan memutuskan guna penggabungan dengan perusahaan yang lainnya atau perusahaan telah dibeli oleh perusahaan lainnya. 

Sebab, perubahan yang satu ini bisa mengarah ke perubahan arah perusahaan dan pucuk pimpinan perusahaan. Hal ini bisa mempengaruhi perusahaan manajemen sampai melakukan PHK karyawan. 

Alasan Perusahaan Bisa Melakukan PHK 

Walaupun begitu, menjadi pegawai kamu harus mengerti jika masalah PHK sudah diatur pada undang-undang. Adapun sebagian hal yang dapat menjadi alasan perusahaan bisa melakukan PHK kepada pegawainya yang dijelaskan pada UU, seperti: 

  • Pegawai melakukan kesalahan fatal 

Pada Pasal 158 UU Ketenagakerjaan disebutkan jika perusahaan melakukan PHK bila karyawan sudah terbukti berbuat kesalahan yang berat, salah satunya seperti melakukan perjudian atau perbuatan asusila di lingkungan kerja, melakukan pencurian/penipuan penggelapan dana/barang milik perusahaan dan masih banyak lagi. 

  • Pegawai melanggar perjanjian kerja 

Alasan perusahaan bisa melakukan PHK lainnya yang sudah diakui pada UU Ketenagakerjaan yaitu jika karyawan telah melanggar ketentuan yang sudah diatur pada perjanjian kerja. Tentunya hal ini bisa menjadi alasan kuat perusahaan dapat melakukan PHK kepada karyawannya. 

  • Pegawai mangkir 

Perusahaan bisa melakukan PHK pada pegawai jika terbukti sudah mangkir selama 5 hari kerja maupun berturut-turut tanpa adanya keterangan tertulis yang juga dibarengi dengan bukti sah dan sudah memperoleh dua kali teguran dari perusahaan nya. 

  • Berubahnya status perusahaan 

Alasan perusahaan bisa melakukan PHK terhadap pegawainya yaitu jika terjadi perubahan status pada perusahaan seperti peleburan, penggabungan maupun perubahan kepemilikan perusahaan. 

  • Perusahaan ditutup 

UU Ketenagakerjaan sudah menjelaskan jika perusahaan bisa melakukan PHK kepada karyawan jika perusahaan perusahaan itu tutup sebab alasan kerugian yang terjadi secara terus menerus selama 2 tahun, kondisi memaksa atau sebab alasan efisiensi. 

  • Perusahaan bangkrut 

Alasan selanjutnya perusahaan bisa melakukan PHK kepada pegawainya yang sudah dijelaskan di Undang-Undang yaitu jika perusahaan pailit atau bangkrut. Tentu saja tidak ada lagi yang bisa dilakukan bila sudah seperti ini. 

Nah, itu dia beberapa alasan banyaknya perusahaan yang melakukan PHK kepada pegawainya yang menyita perhatian banyak masyarakat luas. Dengan membaca ulasan di atas ini, kamu menjadi tahu jika ada beberapa alasan yang bisa membuat perusahaan melakukan PHK. 

 

,