July 18, 2021
resesi ekonomi

5 Cara Menghadapi Krisis dan Resesi Ekonomi Akibat Covid 19

Pandemi covid 19 menimbulkan berbagai persoalan, baik dari segi kesehatan dan ekonomi. Tidak heran beberapa negara sekarang ini sedang menghadapi resesi, termasuk Indonesia. Hal ini diakibatkan oleh pembatasan sosial dan banyak aktivitas ekonomi terhenti, sehingga membuat terjadinya berbagai persoalan dan permasalahan. 

Memasuki kuartal II 2020, Indonesia sudah mengalami kondisi ekonomi yang minus dan mencapai 5,32 persen. Banyak para ahli ekonomi memprediksi keadaan sekarang ini dan tidak bisa pulih dengan cepat. Nah, dalam artikel kali ini kami mencoba memberikan beberapa cara agar siap menghadapi krisis dan resesi ekonomi di tengah pandemi, simak ulasannya. 

Menghadapi Krisis dan Resesi Ekonomi

krisis ekonomi

1. Mempunyai Dana Cadangan 

Untuk Anda yang masih mempunyai pekerjaan dan pemasukan bulanan yang stabil, mulai sekarang untuk lebih memperhatikan dan memiliki dana cadangan. Sisihkan sejumlah uang yang dimiliki dan pastikan semuanya dapat diatur dengan baik. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi keadaan buruk yang menimpa.

Apabila ingin memiliki dana cadangan, pastikan Anda mengatur dan menentukan semuanya secara menyeluruh. Untuk dapat memiliki dana cadangan lebih ideal dengan memperhatikan pengeluaran setiap bulan, lalu menentukan dana cadangan. Biasanya untuk menentukan dana cadangan lebih aman mempersiapkan pengeluaran 3 sampai 6 bulan. 

Jika Anda belum mempunyai dana cadangan, mulai sekarang untuk lebih memperhatikannya dan jangan sampai melewatkannya begitu saja. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang belum stabil, dana cadangan sangat dibutuhkan kedepannya. 

2. Hindari Pengeluaran Berlebih 

Di tengah pandemi covid 19 sekarang ini harus benar-benar bisa memilih dan menentukan antara kebutuhan dan keinginan. Pastikan Anda membeli barang atau produk yang bisa memberikan manfaat kedepannya. Sementara ini hindari untuk membeli dan memiliki barang-barang yang belum memberikan manfaat besar. 

Lebih baik alokasikan pengeluaran yang tidak penting atau mendesak tersebut dengan mengalokasikannya ke dana cadangan. Karena dengan begitu membuat Anda dapat menghitung dan menentukan semuanya secara lebih menyeluruh. Hal ini untuk mempersiapkan diri dan menghadapi masalah yang tidak pasti nantinya. 

Mulai sekarang benar-benar menghitung antara kebutuhan pokok, dana cadangan, dan tabungan. Semuanya harus dihitung secara matang dan hindari membeli produk yang tidak mempunyai nilai jual tinggi kedepannya. Karena hal tersebut akan membuat banyak kerugian yang berpengaruh terhadap keuangan Anda kedepannya. 

3. Tidak Berhutang 

Tindakan yang paling tepat ketika sedang memasuki masa krisis dan resesi ekonomi sekarang ini penting untuk tidak melakukan hutang. Sebab tindakan tersebut akan mempersulit dan memperparah keadaan. Apalagi meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan yang tidak begitu penting, rasanya itu kurang tepat dan bijak. 

Mungkin sementara Anda berada di zona yang memiliki pemasukan dan pendapatan setiap bulannya, tetapi hal tersebut tidak pasti dan keadaan akan sangat cepat berubah. Untuk menghindari resiko yang terlalu tinggi dan membuat Anda stres nantinya, sementara ini untuk menghindari dan tidak melakukan hutang. 

Pandemi covid 19 ini masih belum memberikan hasil yang besar dan masih penuh dengan tantangan kedepannya. Untuk menghadapi semuanya, pastikan Anda telah mempersiapkan semuanya dan menghindari keadaan yang akan merugikan kedepannya. 

4. Menghitung dan Mencatat Semuanya 

Fokus keuangan sekarang ini mungkin akan agak berbeda dan Anda harus siap untuk menghadapinya secara langsung. Pastikan Anda menghitung dan mencatat semuanya secara menyeluruh mengenai beberapa pengeluaran yang dilakukan. Dalam tahap ini Anda tetap harus memperhatikan antara pengeluaran dana darurat, dana tabungan, dan kebutuhan. 

Semuanya harus ditentukan dan dihitung secara tepat, sesekali Anda tidak masalah untuk menggunakan masukan Anda untuk membeli barang yang diinginkan. Tetapi tetap pastikan kalau dana yang dimiliki tetap aman dan sehat. Jangan sampai Anda terlalu memaksa dan membuat keadaan semakin sulit kedepannya. 

5. Pandemi Sebagai Pembelajaran 

Mungkin dari Anda mengalami keadaan yang sangat sulit ketika pandemi Covid 19 menyerang dan menghancurkan berbagai sektor. Hal ini membuat banyak orang tidak siap untuk menghadapinya dengan baik. Karena ada beberapa kehilangan pekerjaan, tidak mempunyai pemasukan, dan berbagai kondisi lainnya. 

Dengan begitu membuat semuanya tampak lebih mengerikan untuk dilalui, beberapa kejadian ini tentunya harus bisa memberikan pembelajaran. Apabila Anda masih memiliki pekerjaan dan pemasukan, pastikan Anda bisa mengambil hikmahnya dan mempersiapkan semuanya. Untuk itu membuat Anda bisa bertahan di tengah ketidakpastian sekarang ini. 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai beberapa cara agar bisa survive di tengah krisis dan resesi ekonomi sekarang akibat covid 19. Semoga informasi diatas memberikan banyak pembelajaran dan manfaat kedepannya.