December 6, 2021
blt

Besaran BLT Subsidi Gaji

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan membagikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) BLT subsidi gaji untuk para buruh atau pekerja yang terkena dampak dari pandemi virus Covid-19. Ada pun bantuan subsidi tersebut diberikan dengan jumlah Rp 500 ribu per bulannya, namun akan diberikan satu kali yaitu sebesar Rp 1 juta yang nanti nya akan diberikan melalui transfer. 

Hingga saat ini tercatat ada 8,7 juta buruh atau pekerja yang akan menerima bantuan subsidi upah 2021 ini dan pemberiannya akan dilakukan dengan beberapa tahap. Pemerintah memakai data dari BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi acuan untuk memberikan BLT atau BSU Rp 1 juta ini, sebab data yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan ini dianggap paling lengkap dan akurat. 

Nantinya BLT subsidi gaji akan diberikan melalui beberapa Bank BUMN atau Himbara, yaitu Bank BRI, BTN, BNI, dan Bank Mandiri. 

Untuk kategori dari penerima BLT subsidi gaji Rp 1 juta ini telah diatur pada Permenaker No. 16 Tahun 2021 mengenai Pendoman Pemberian Subsidi Upah Tahun 2021. Pada saat ini Kemenaker sudah mempersiapkan halaman khusus guna memberikan informasi mengenai pemberian BLT subsidi gaji Rp 1 juta ini yang dapat Anda akses di website bsu.kemnaker.go.id. 

Untuk buruh atau pekerja yang memerlukan informasi mengenai BLT bantuan subsidi Kemnaker sudah menyusun sejumlah pertanyaan yang biasanya sering dilontarkan. Berikut ini list tanya jawab mengenai BLT subsidi gaji Rp 1 juta, dikutip dari halaman Kemnaker.go.id. 

  • Bagaimana cara mengetahui Nama atau NIK terdaftar di penerima BLT 2021? 

Para buruh atau pekerja yang diajukan dan ditunjuk menjadi penerima BLT subsidi gaji tahun 2021, Anda bisa melakukan cek mandiri di situs dari Kementerian Ketenagakerjaan R.I yaitu https://bsu.kemnaker.go.id/ atau Anda juga bisa menghubungi nya lewat Call Center di nomor 1500 630 di pagi hari mulai Senin hingga Jumat di jam 08.00 – 16.00 WIB. 

  • Bagaimana cara penyaluran dana BLT subsidi gaji? 

BPJS Ketenagakerjaan akan memberi data para calon penerima BLT subsidi gaji ke Kemenaker. Data ini sudah melewati proses validasi dan telah terverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Data ini lalu di screening oleh Kementerian Ketenagakerjaan. Buruh atau pekerja yang sudah memenuhi syarat dan lolos pada screening Kemenaker, selanjutnya akan diusulkan untuk ke proses pencairan dana lewat KPPN. 

Pemindahbukuan dana ke dalam rekening para penerima bantuan dari pemerintah ini hanya bisa melalui Bank BUMN yang sudah masuk di himpunan Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara dan juga Bank Syariah Indonesia khusus untuk Provinsi Aceh. Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga sudah bekerja sama dengan beberapa Bank BUMN atau Himbara tersebut supaya membantu untuk memudahkan proses pemberian bantuan kepada buruh atau pekerja. 

Untuk para penerima dana BLT subsidi gaji jika belum memiliki rekening dari Bank Himbara atau Bank Syariah Indonesia ini tentu saja tidak perlu khawatir karena Kementerian Ketenagakerjaan akan membuatkan rekening baru untuk seluruh penerima BLT subsidi gaji. 

  • Kenapa nama Anda tidak ada dalam daftar BLT subsidi gaji?

Untuk BLT subsidi gaji tahun 2021, Pemerintah sudah mengatur kriteria dari buruh atau pekerja yang bisa memperoleh BLT tahun 2021 tersebut sesuai dari Permenaker No. 16 Tahun 2021.

Anda bisa memberitahukan pemberi kerja atau perusahaan jika syarat pada nomor 1 sudah terpenuhi supaya bisa diajukan oleh BPJS Ketenagakerjaan ke Kementerian Ketenagakerjaan.

  • Apakah BLT saya dapat cair jika saya terkena PHK? 

Buruh atau pekerja yang terkena PHK setelah dari bulan Juni 2021 tetap memiliki hak untuk memperoleh BLT sepanjang mereka telah memenuhi persyaratan dari Permenaker No. 16 Tahun 2021.

Buruh atau pekerja yang terdapat di daftar peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan dan selalu membayar iuran setiap bulannya hingga bulan Juni 2021, berhak memperoleh BLT subsidi gaji 2021. 

Buruh atau pekerja yang sudah diajukan dan ditunjuk menjadi penerima BLT subsidi gaji tahun 2021 bisa melakukan cek di situs Kemenaker yaitu https://bsu.kemnaker.go.id/

  • Cara mengubah data BLT yang salah? 

Perubahan data ini bisa diberitahukan langsung ke perusahaan Anda bekerja lalu disampaikan oleh perusahaan ke kantor cabang dari BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Data yang sudah diperbarui akan dikirim ke Kementerian Ketenagakerjaan agar bisa diproses untuk pencairan dana. 

Kemenaker tidak akan memproses pencairan dana jika data tersebut tidak sesuai dengan syarat yang ada pada Permenaker No. 16 Tahun 2021. 

Nah, demikianlah besaran BLT subsidi gaji dan juga beberapa syaratnya yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang masih kebingungan.