October 10, 2021
swab test

Biaya Test Antigen atau Swab di Indonesia

Rapid antigen atau SWAB antigen merupakan syarat wajib untuk masyarakat bepergian ke kota atau daerah yang akan di sambangi. Aturan ini sudah diberlakukan dari 18 Desember tahun 2020 lalu. Tindakan tersebut merupakan salah satu usaha untuk mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran virus korona atau biasa di dengan sebutan Covid-19.

Khusus bagi masyarakat yang mau masuk ke kawasan Bali, adanya aturan dari pemerintah agar mewajibkan masyarakat membawa bukti berbentuk hasil dari swab berupa PCR yang menunjukan hasil negatif dari jangkitan virus corona bagi para pengunjung yang akan memasuki Pulau Bali.

Supaya biaya dapat dijangkau oleh masyarakat, pemerintah pusat melalui Kemenkes telah menetapkan nominal tertinggi untuk tes rapid antigen atau test swab antigen untuk beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Mulai dari 250 ribu rupiah untuk Pulau Jawa serta 275 ribu rupiah bagi selain Pulau Jawa yang sudah diberlakukan dari tanggal 18 Desember 2020.

Khusus untuk batas biaya swab PCR yang telah ditetapkan dari jauh-jauh yaitu dengan maksimal biaya sekitar 900 ribu rupiah.

Jika dibandingkan dengan syarat tes PCR, kebanyakan daerah-daerah di Indonesia hanya mewajibkan seseorang untuk melakukan rapid test atau swab antigen dari paparan korona bagi para pengunjung yang akan memasuki daerah tertentu.

Test rapid antigen atau swab antigen sementara ini akan selalu dijadikan sebagai syarat wajib sebab memiliki hasil yang akurat untuk mendeteksi paparan virus korona jika dibandingkan dengan rapid test antibodi.

Pengecekan jenis satu ini sudah diwajibkan, terlebih untuk Anda yang ingin melakukan perjalanan luar kota. 

Perbedaan Pengecekan Test Antibodi dan Test Antigen

rapid test

Jika kamu mengetahui perbedaan antara Rapid test antigen dan juga rapid test antibodi, silahkan untuk menyimak penjelasannya dibawah ini.

A. Perbedaan antara rapid antigen dan pengecekan jenis antibody

  • Penjelasan tentang test antigen

Antigen sendiri merupakan molekul yang bisa meningkatkan respon imun tubuh atau daya tahan tubuh. Zat ini bisa berupa polisakarida, protein, lipid, dan asam nukleat. Setiap antigen mempunyai fitur berbeda seperti yang banyak orang ketahui yakni sistem imun tubuh. 

Covid-19 atau jenis SARS CoV 2 mempunyai beberapa antigen yang memiliki kandungan protein nukleokapsid, dan antigen tersebut berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya keberadaan protein ini.

Tapi test antigen sendiri sedikit kurang sensitif jika dibanding dengan test PCR. Karena menurut para pakar patologi klinis yakni dokter Thyrza Laudamy SpPK, jenis tes tersebut cuma berguna untuk mendeteksi paparan saat jumlah virus yang ada pada tubuh lumayan tinggi.

Apabila jumlah virus yang ada tidak terlalu tinggi, dimana CT valuenya berada di kisaran 25 atau 30 an, sistem antigen tersebut bisa saja menunjukan hasil negatif. Akan tetapi, tes seperti ini mempunyai keunggulan terkait hasilnya yang dapat kamu ketahui lebih cepat serta dapat kamu lakukan di berbagai laboratorium atau pusat kesehatan.

  • Penjelasan tentang rapid test antibodi

Berbicara mengenai antibodi. Antibodi merupakan protein dalam bentuk Y yang dihasilkan oleh sel B di dalam sistem daya tahan tubuh manusia. Protein merupakan respon tubuh seseorang terhadap kemungkinan paparan antigen. 

Setiap lengan dari antibodi mempunyai siklus pengikatan, berisikan bagian-bagian tertentu di setiap permukaan dari antigen tersebut. Proses pengikatan ini yang membuat menghilangnya antigen karena langsung dilakukannya netralisasi atau dipangkasnya lengan antibodi lain. 

Fase waktu yang dibutuhkan oleh tubuh manusia agar bisa membangun antibodi tentu berbeda-beda. Maka dari itu, test rapid antibodi harus dilakukan kepada orang yang sebelumnya pernah terjangkit Covid-19.

B. Harga rapid test antibodi dan test antigen

Bagi masyarakat yang akan melakukan test rapid, entah itu swab, antigen atau antibodi wajib untuk membayar sendiri. Untuk itu, berikut ulasan harganya.

  • Biaya rapid test antibody

Hingga saat ini biaya rapid test antibodi sekitar 85 ribu rupiah, tes ini bisa kamu lakukan di Bandara Soetta, Cengkareng dan di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, yang juga dibanderol sekitar  85 ribu rupiah. Untuk mengetahui hasilnya, proses tersebut akan memakan waktu kurang lebih 15 menit terhitung dari pemeriksaan.

  • Biaya test antigen

Antigen fungsinya untuk mendeteksi paparan virus lebih dini sejak datang pandemic Covid-19. Tes tersebut juga mempunyai biaya yang terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan. Menurut kabar yang beredar, biaya yang akan dikenakan sesuai lokasi pemeriksaan. Biaya yang ditawarkan mulai dari 250 ribu hingga 385 ribu setiap tes.

Di bandara-bandara ternama di kota besar yang ada di Indonesia juga memiliki harga khusus, seperti Bandara di, Bali, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Solo, Banjarmasin, yang dimana bandara tersebut mengenakan biaya tes sebesar 170 ribu rupiah.Sedangkan untuk Bandara Soekarno Hatta serta Bandara Husein Sastranegara Bandung sebesar 200 ribu rupiah per sekali tes. Hasil test antigen tersebut akan berlaku selama 14 hari dari waktu diterbitkan.