September 11, 2021
bill gates foundation building

Bill dan Melinda Gates Bercerai, Bagaimana Nasib Gates Foundation Untuk Kedepannya?

Pasangan terkenal dan kaya raya Bill Gates dan Melinda mengumumkan perceraian mereka secara mengejutkan belum lama ini. Bill Gates dan Melinda bercerai setelah 27 tahun menjalani pernikahan dan mempunyai tiga anak yang sudah dewasa.

Melinda Gates dan Bill Gates selama ini dikenal sebagai pasangan yang selalu tampil serasi di depan umum. Filantropis Bill Gates dan Melinda memutuskan untuk bercerai setelah 27 tahun bersama. Kabar tersebut langsung menggemparkan banyak pihak, dan tentunya juga menggemparkan dunia filantropi yang selama ini melekat ke pasangan tersebut. Selama pernikahan mereka, keduanya mendirikan sekaligus mengelola sebuah organisasi nirlaba yang memiliki nama Bill and Melinda Gates Foundation, yang tentu sudah membantu banyak orang.

Bill dan Melinda mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa mereka tidak yakin apakah mereka dapat berjalan bersama seperti pasangan pada kehidupan setelah perceraian mereka. Namun, mereka akan terus berkolaborasi dalam organisasi nirlaba mereka Bill and Melinda Gates Foundation, dan terus berusaha membantu banyak orang.

Pasangan Filantropi

Perceraian Bill dan Melinda Gates diperkirakan akan berdampak signifikan pada yayasan amal Gates Foundation yang didirikan oleh keduanya. Pasangan kaya raya ini tak hanya terkenal meraih kekayaan 146 miliar dollar AS. Masyarakat juga mengakui kebaikan mereka dalam berbagai kegiatan amal.

Untuk mewujudkan kekayaan dan pengaruhnya, keduanya bersatu padu dalam berbagai kegiatan untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Mereka menyumbangkan $55 miliar sebagai aset untuk yayasan amal mereka. Jumlah tersebut jelas luar biasa, meski memang berasal dari pasangan yang dikenal sebagai pasangan kaya raya di dunia. Tidak cukup disitu saja, mereka juga menyempatkan diri untuk melibatkan rekan-rekan dalam kegiatan amal yang sama.

Salah satu contohnya, memprakarsai gerakan amal dengan menjalin kerja sama dengan  investor kondang Warren Buffett, yang merupakan kampanye yang mengundang miliarder dunia untuk menyumbang ke badan amal di seluruh dunia.

Bill and Melinda Gates Foundation

Mengutip dari beberapa sumber, Bill dan Melinda telah terdaftar sebagai co-chair dan wakil dari Bill and Melinda Gates Foundation yang didirikan pada tahun 2000. Hingga akhir 2019, aset yayasan tersebut mencapai 43,3 miliar dolar AS atau senilai 625 triliun jika dirupiahkan.

Sejak 1994 sampai tahun 2018, Bill dan Melinda memberikan lebih dari 36 miliar dolar AS atau senilai Rp 516 triliun kepada organisasi nirlaba bidang amal ini. Yayasan ini juga sangat peduli pada kesehatan masyarakat, perubahan iklim dunia dan tentunya donasi untuk pandemi Covid-19 yang melanda dunia dalam satu tahun lebih ini, dengan bentuk dukungan bagi para produsen vaksin, tes kesehatan, perawatan medis covid19 dan juga pengembangan dukungan penanganan pandemi lainnya

Bill Gates dan Melinda sama sama terdaftar sebagai pendiri bersama yayasan amal mereka, yang didirikan pada tahun 2000 dan berkantor pusat di Seattle dengan Bill and Melinda Gates Foundation. Menurut laporan keuangan tahunan terbaru yang bisa Anda lihat pada halaman website yayasan tersebut, aset bersih yayasan pada 2019 adalah 43,3 miliar dolar AS. Lapan keuangan tersebut juga mengungkap nilai total dari dana yang telah disumbangkan selama ini.

Peran dari Bill and Melinda Gates Foundation

Pasangan ini sangat berperan dalam membuat kehidupan dunia menjadi lebih baik, terlihat dari beberapa gerakan yang telah dijalankan. Melinda dan Bill tidak hanya sebagai pendiri, tetapi juga aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan secara langsung. Beberapa contohnya mereka memberikan program Internet gratis di beberapa perpustakaan umum yang ada di Amerika Serikat, mereka juga beraktivitas langsung pada sebuah penelitian pertanian di Jepang, dan baru-baru ini ikut berkecimpung langsung dalam upaya melawan pandemi Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia. 

Selain berbagai program yang sudah disebutkan di atas, program yang lain dengan tema berbeda juga dilakukan di 135 negara, antara lain kesehatan, kebersihan, pangan, dan juga program pemberdayaan perempuan.

Mengutip dari beberapa sumber yang ada, organisasi nirlaba milik pasangan Bill dan Melinda Gates tersebut memiliki 1.600 karyawan untuk mengelola dana untuk berbagai program amal, dengan total $5 miliar per tahun. Jika melihat sepak terjang yayasan tersebut, maka Bill and Melinda Gates Foundation merupakan salah satu organisasi nirlaba swasta terbesar di dunia yang ada sekarang. Kedermawanan pendiri Microsoft ini disebut-sebut sebagai salah satu orang terhebat di zaman modern saat ini.

Dengan perceraian pasangan ini, menurut berbagai sumber tidak akan terlalu berpengaruh secara signifikan. Namun pasti akan ada beberapa perubahan untuk penyesuaian terkait kondisi terbaru ini di waktu yang akan datang. Akan tetapi perubahan ini tidak berpengaruh besar pada yayasan amal tersebut, atau pada dunia filantropi secara luas.