May 9, 2021
pinjaman tanpa agunan tunaiku

Cara Berhutang Produktif dengan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Pinjaman online sering kali menjadi penyelamat di kala masa masa sulit atau situasi yang sangat tidak menguntungkan. Akan tetapi, banyak yang tidak sadar bahwa utang adalah kewajiban yang harus diimbangi dengan tanggung jawab. Beban membayar setiap bulan sering kali lupa dan terlilit hutang lebih banyak lagi. Solusi yang diambil biasanya gali lubang tutup lubang, tetapi ini bukan cara yang tepat. Yuk intip cara produktif untuk manfaatkan kta online di sini!

Manfaatkan Pinjaman Online Secara Bijak

  1. Tempatkan Utang sebagai Prioritas

Jika kamu berhasil mengajukan pinjaman secara online, maka harus diimbangi dengan cara kelola uang yang baik. Pastikan uang ini dialokasikan ke kebutuhan yang mendesak dan sangat penting. Sebelumnya, buatlah prioritas yang akan dipenuhi terlebih dulu dengan uang hasil pinjaman ini. Hal ini menghindari untuk alokasi dana untuk keinginan yang tidak perlu dan kamu terlilit utang lagi. Yang tidak kalah penting, belajar bedakan kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan manusia memang berbeda beda, tetapi telah berkelompok dengan jelas mengenai kebutuhan primer yang mendesak. Salah satu contohnya untuk biaya pendidikan, kesehatan, bisnis, atau lainnya. Beberapa contoh kebutuhan tersebut menjadi prioritas, sehingga alokasi dana pinjaman berada di jalur yang tepat. Keinginan harus mulai diredam dan diatur selama beberapa waktu, setidaknya hingga masa cicilan berakhir dan hutang telah lunas.

pinjaman tanpa agunan tunaiku

Sebagai peminjam, kamu harus sadar bahwa ada beban yang menggantung di pundak, yaitu melunasi hutang. Pastikan mampu mengembalikan pinjaman dengan besarnya cicilan setiap bulan yang tidak memberatkan. Dalam mencicil, biasanya kamu ingin berbagai hal dan berujung jatuh tempo pembayaran yang semakin dekat. Agar keuangan tetap stabil, kamu harus mulai berhemat seperti belanja dengan harga mudah, kurangi bermain atau nongkrong di tempat mahal.

  1. Gunakan untuk Kebutuhan Produktif

Proses dari pinjaman online memang cenderung mudah daripada pinjaman lainnya, sehingga banyak orang yang mengajukan dana ini. Akan tetapi, banyak yang tidak sadar bahwa utang ini harus dibayar dengan disiplin dan dikelola dengan baik. Dana yang diajukan harus disalurkan untuk utang yang produktif agar tidak terjerat utang lain karena tidak sanggup membayarnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kategorikan kebutuhan atau keinginan.

Pastikan dana ini kamu kelola dan salurkan untuk sesuatu yang produktif, seperti modal usaha atau membeli aset. Jika kamu memilih sebagai modal usaha, perhatikan jumlah omzet dan pendapatan tiap bulan. Memilih usaha yang tepat juga menjadi pertimbangan yang penting, serta menciptakan inovasi agar pelanggan tidak bosan. Sebagai pelaku usaha, kamu harus cermat dan cekatan dalam melihat keinginan, kebutuhan, dan pangsa pasar yang tepat.

Selain usaha, kamu juga dapat mengalokasikan dana pinjaman untuk membeli aset berharga. Passive income diharapkan datang mengalir cukup lancar untuk membantu mencicil utang tiap bulan. Terdapat berbagai pilihan aset yang dapat kamu pilih, yaitu hunian berupa rumah atau apartemen yang dikontrakkan. Lengkapi fasilitas rumah dan belilah di lokasi yang strategis agar mampu menarik banyak peminat, sehingga alokasi dana pinjaman tidak salah sasaran.

  1. Hitung Kemampuan Membayar Kembali Pinjaman

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya kamu menghitung kemampuan untuk membayar cicilan. Rasio cicilan yang sehat adalah tidak melebihi 30% dari besarnya gaji yang kamu peroleh setiap bulan. Jika besarnya cicilan melebihi rasio tersebut, kondisi keuanganmu akan buruk dan berujung pada kebiasaan gali lubang tutup lubang. Hal ini tidak boleh dibiasakan karena dapat berakibat buruk pada keuangan dan menjadi kebiasaan yang akan sulit diubah.

Yang tidak kalah penting adalah pastikan tidak mengambil utang terlalu banyak dalam satu periode yang sama. Jika kamu telah memiliki beban utang, cicilan hingga lunas dengan disiplin. Setelah itu, kamu boleh mengajukan pinjaman online lainnya agar keuangan tetap stabil dan tidak mengganggu kebutuhan lain. Dalam masa pengembalian utang, kamu juga harus terbiasa dengan hidup hemat seperti mengurangi budget untuk bermain, liburan, atau alokasi tersier lainnya.

Beberapa orang tidak sadar bahwa track record meminjam ini sangat penting. Mencicil atau membayar pinjaman utang dengan disiplin dapat membuat riwayat pinjaman kamu menjadi sangat baik di mata lembaga peminjam. Hal ini bertujuan baik agar di masa yang datang saat kamu membutuhkan suntikan pinjaman dana, maka kamu bisa mendapatkannya dengan segera. 

Beberapa kondisi memang mengharuskan seseorang untuk mengajukan pinjaman. Pinjaman yang saat ini banyak dipilih adalah secara online dan tanpa jaminan, seperti yang diberikan oleh Tunaiku. Namun sebelum mengajukan pinjaman di aplikasi Tunaiku, pastikan kamu memilih besarnya cicilan yang sesuai dengan kemampuan.