June 18, 2021
tes cpns

Siap Siap Pendaftaran CPNS Akan Dibuka Pada Bulan Mei 2021

Setelah sempat diberhentikan setahun lalu akibat pandemic virus Covid – 19 pemerintah kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) pada bulan mei hingga juni tahun 2021. Pemerintah mengatakan bahwa kebutuhan pegawai negeri sipil ( PNS ) di tahun ini mencapai 1 juta orang lebih. Dimana pemerintah daerah baik itu kabupaten maupun provinsi membutuhkan sekitar 1,2 juta orang sedangkan pemerintah pusat membutuhkan sekitar 80 ribuan orang.

Menurut kementerian PAN – RB jadwal pendaftaran calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) akan dibagi menjadi 3 golongan yaitu sekolah kedinasan, CPNS dan PPPK ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ) non guru dan juga PPPK guru. Untuk gelombang sekolah kedinasan pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 9 hingga 30 april tahun 2021.

Kemudian seleksi penerimaan akan dilakukan pada minggu ketiga bulan mei hingga minggu keempat bulan juni tahun 2021. Sementara pendaftaran untuk gelombang CPNS dan PPPK non guru akan dibuka mulai bulan mei hingga juni 2021 dan terakhir gelombang PPPK guru juga akan dibuka mulai bulan mei hingga juni tahun 2021.

Syarat Syarat Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) Tahun 2021

Meskipun pendaftaran CPNS masih beberapa bulan lagi tidak ada salah nya jika anda mengetahui dan menyiapkannya jauh jauh hari. Untuk syarat pendaftaran CPNS tahun ini sebenarnya masih sama dengan syarat pendaftaran CPNS tahun tahun sebelumnya. Hal ini juga dibenarkan oleh pelaksana tugas kepala biro hukum, kerjasama, komunikasi BKN Paryono.

Beberapa persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar CPNS merujuk pada tahun tahun sebelumnya yaitu, foto berwarna dengan latar belakang merah, swafoto dengan kartu informasi akun dan kartu identitas, kartu KTP, Ijazah Pendidikan terakhir, Transkrip Nilai Pendidikan terakhir, surat lamaran hingga dokumen dokumen pelengkap lainnya sesuai dengan instansi yang anda pilih.

Formasi Kebutuhan Aparatur Sipil Negara Tahun 2021

Menurut informasi yang ada di salah satu media berita nasional bahwa kebutuhan aparatur sipil negara tahun ini mencapai 1,3 juta orang. Jumlah aparatur sipil negara ( ASN ) akan dibagi menjadi dua dimana pemerintah pusat membutuhkan tenaga sebanyak 80 ribu lebih orang dan pemerintah daerah membutuhkan 1,2 juta orang.

Menurut Tjahjo Kumolo selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau disingkat Menpan RB bahwa seleksi dan penerimaan calon aparatur negara saat ini lebih fokus pada kebutuhan teknis. Hal tersebut juga sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk memperbanyak tenaga teknis yang dapat diterjunkan langsung ke masyarakat sehingga bisa mengurangi tenaga kerja pada bidang administrasi.

Dalam pembagian formasi dan melengkapi kebutuhan tenaga kerja pemerintah sudah mengatur pembagian tersebut baik di pemerintah pusat maupun pada pemerintah daerah ( provinsi atau kabupaten ). Berikut pembagian formasi untuk alokasi tenaga kerja yang dibutuhkan pemerintah di tahun 2021.

  1. Pemerintah pusat, alokasi terbanyak akan terdiri dari jabatan dosen, penyuluhan keluarga berencana, penjaga tahanan, analisis perkara peradilan, dan terakhir pemeriksa.
  2. Sedangkan untuk pembagian di pemerintah provinsi akan dibagi yang terdiri dari jabatan guru yang meliputi guru matematika, guru teknologi dan informasi dan juga guru konseling. Sedangkan pada tenaga kesehatan akan terdiri dari dokter, perawat dan asisten apoteker. Dan utuk jabatan teknis terdiri dari polisi kehutanan, pengawasan benih tanaman, dan pranata komputer.
  3. Pemerintah daerah, formasi dan alokasi tenaga kerja untuk kabupaten dan kota akan terdiri dari jabatan guru, jabatan teknis dan tenaga kesehatan. Jabatan guru meliputi guru kelas, guru Pendidikan jasmani dan olahraga, dan guru bimbingan konseling. Sedangkan untuk tenaga kesehatan akan meliputi bidan, dokter dan juga perawat. Dan terakhir untuk jabatan teknis meliputi auditor, pengelolaan dan pengadaan barang dan jasa, dan penyuluhan pertanian.

Link Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021

Pendaftaran CPNS tahun ini akan melalui satu portal resmi SSCASN yang dapat anda akses melalui sscasn.bkn.go.id di internet. Bagi anda yang ingin mendaftar anda bisa membuka portal tersebut dan memilih salah satu link yang akan anda ikuti. Berikut link pendaftaran CPNS tahun 2021

SSCN DIKDIN di https://dikdin.bkn.go.id/ untuk anda yang memilih seleksi sekolah kedinasan

SSCN di https://sscn.bkn.go.id/ untuk anda yang ingin seleksi CPNS

SSP3K di https://ssp3k.bkn.go.id/ untuk anda yang memilih seleksi PPPK

Itulah beberapa informasi mengenai penerimaan calon pegawai negeri sipil ( CPNS ) yang akan dibuka pada bulan mei 2021. Untuk informasi lengkapnya anda bisa mengakses situs resmi dari link yang sudah kami tuliskan diatas. Semoga tulisan diatas dapat menambah informasi anda mengenai pendaftaran CPNS tahun 2021.